Jumat, 05 November 2010

PIDATO BAHASA INDONESIA

HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMAN 1 Mejayan,
yang saya hormati Bapak/Ibu Guru SMAN 1 Mejayan,
serta teman-teman yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa
melimpahkan rahmat serta rizkinya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini dengan keadaan sehat wal’afiat. Serta tidak lupa shalawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang saya hormati,
Seperti yang telah kita ketahui bumi kita sudah tua dan sudah mulai merintih kesakitan karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Membiarkan polusi terjadi di mana-mana, mengekploitasi semua kekayaan alam, dan membiarkan phon ditebangi begitu saja. Lihat apa yang terjadi sekarang! Hutan kita yang dulu rindang hijau dan sejuk sekarang menjadi tanah kering yang gersang. Akankah kita berdiam diri melihatnya? Negara kita merupakan Negara yang sangat kaya akan sumber alamnya. Namun kenapa harus mengekspor dari Negara lain. Itulah kelemahan kita, yang selalu malas dan tidak mau tahu. Polusi terjadi di setiap kota, limbah pabrik dibuang di sembarang tempat yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan berdampak negative terhadap kehidupan manusia.

Oleh karena itu marilah kita semua menjaga lingkungan kita dengan baik. Mulai dari hal kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya serta tidak memakai kendaraan yang menyebabkan polusi berlebihan. Lingkungan kita sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup kita. Maka, sepatutnya kita harus menjaganya. Sekolah kita sudah memiliki program adiwiyata kelas itu dapat membantu memajukan kelestarian lingkungan kita. Dan juga tanaman-tanaman yang ada di sekolah kita cukup rindang. Namun itu akan percuma jika tidak dirawat, jadi kita juga memiliki kewajiban untuk menjaga serta merawat tanaman yang kita miliki.
Kesimpulannya, bahwa kita sebagai manusia juga memerlukan yang lain, termasuk lingkungan dan yang ada di dalamnya. Maka dari itu, kita harus menjaga lingkungan kita dengan baik dn tidak merusaknya hanya untuk kepentingan pribadi. Itu dapat merugikan diri kita sendiri.
Saya berharap kepada seluruh warga SMAN 1 Mejayan untuk senantiasa menjaga lingkungan yang kita miliki ini. Sehingga tidak ada banyak masalah lagi yang timbul akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.
Demikian dari saya apabila ada kata yang kurang berkenan dihati saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas perhatiannya, akhir kata Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar